Cara Riset Kata Kunci di Facebook Marketplace Agar Jualan Laris
Sebelum mulai berjualan di Facebook Marketplace, lakukan riset terlebih dahulu dengan memeriksa barang-barang apa yang banyak dicari pada kategori produk yang serupa dengan produkmu. Periksa juga halaman toko yang menjual barang tersebut.
Cari tahu juga apakah sudah ada produk serupa yang dijual di Facebook Marketplace. Kemudian, lihatlah perbedaannya dengan produk yang akan kamu jual, usahakan produkmu memiliki keunggulan sehingga lebih menarik minat pembeli.
Selain itu, tinjau harga dan deskripsi produk serupa. Jika memungkinkan, tentukan harga produk yang sedikit lebih rendah daripada pesaing atau jelaskan mengapa produk yang kamu jual lebih berharga dari pesaing.
1. Apa itu Facebook Marketplace
Facebook Marketplace merupakan tempat jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook karena marketplace ini ditempatkan didalam platform Facebook.
Facebook menyediakan tempat jual dan beli ini bertujuan agar para penggunanya dapat dengan mudah mencari dan menemukan barang-barang menarik yang dijual didalam Facebook. Disini Pengguna dapat langsung berkunjung ke marketplace ini secara langsung di dalam Facebook tanpa harus melakukan download aplikasi lain atau membuat akun lain.
2. Cara Riset kata kunci di Facebook Marketplace
- Buka aplikasi Facebbok di handphone atau laptop kamu.
- Masuk atau login ke akun jualanmu.
- Klik ikon Facebook Marketplace, yakni yang bergambar toko.
- Ketik ikon atau menu “Jual Barang” yang bertanda plus.
- Masuk ke jenis tawaran, lalu pilih barang dijual.
- Begitu masuk ke dasbor upload produk, maka bukalah halaman marketplace facebook yang tadi. bisa kamu buka di tab baru. di halaman marketplace, klik telusuri barang.
- Lalu ketikkan buying keyword plus nama produkmu, misalnya “jual mukena”
- Di situ akan muncul banyak rekomendasi, tulis semua rekomendasi tersebut di tabel excel. Misalnya rekomendasi yang muncul adalah “jual mukena anak”, jual mukena murah, jual mukena terbaru, dan lain sebagainya.
- Setelah itu lalu kumpulkan kota target atau keterangan yang kamu butuhkan misalnya nama kota (Bantul, sleman, yogya, kulonprogo dan lain sebagainya). buat kata kunci selengkap mungkin dari tiap rekomendasi + kota target di atas.
- Jangan lupa juga menambahkan kata-kata hiperbola, seperti termurah, terdekat, halus , dan sebagainya.
- Pada langkah selanjutnya, pakailah hasil dari riset tersebut untuk kamu copas di bagian judul pada dasbor Facebbok Marketplace yang tadi.
- Selesai.
3. Cara Menjual makanan di marketplace facebook
- Login ke akun facebook kamu
- Setelah masuk klik Marketplace.
- Klik “+ Jual Sesuatu”, lalu klik Item untuk Dijual.
- Pilih kategori (contoh: Elektronik), dan masukkan judul untuk daftar kamu, harga, dan lokasi kamu. Kamu juga dapat membuat deskripsi produk. Jika kamu ingin menandai item sebagai Gratis, Kamu dapat memasukkan 0 sebagai harga.
- Klik + 10 Foto untuk mengunggah foto produk kamu dari gadget kamu
- Klik Selanjutnya. Jika Berikutnya berwarna abu-abu, pastikan Anda memasukkan kategori, judul, harga, lokasi, dan foto.
- Pilih tempat untuk memposting listing kamu. Jika kamu ingin memposting hanya di Marketplace, cukup klik Bersihkan.
- Klik Terbitkan untuk memposting listing Marketplace kamu.
Baca juga:Cara menjual makanan di marketplace facebook
4. Contoh iklan menjual makanan di marketplace facebook
Sebelum memasuki ke topik pembahasan contoh iklan makanan sehat, makanan anak, dan jenis makanan lainnya, ada baiknya Anda memahami dulu cara membuat iklan makanan yang baik dan benar. Pada dasarnya, cara membuat iklan makanan tidak jauh berbeda dengan cara membuat iklan produk yang lainnya, contoh, iklan produk kesehatan, produk kecantikan dan lain-lain.
Yang membedakan hanyalah iklan makanan perlu dibuat sedemikian rupa agar bisa menciptakan kesan kelezatan dari makanan yang ditampilkan. Dari segi penampilan dan pemilihan kalimat iklan, iklan makanan harus mampu menggugah selera tiap orang yang melihatnya. Berikut adalah cara membuat iklan makanan yang menarik.
- Harus bersifat informatif dan bisa menyampaikan bagaimana rasa makanan, promosi apa yang sedang berjalan, serta memberikan nilai gizi yang terkandung.
- Wajib menampilkan bentuk makanan yang dipromosikan dengan jelas.
- Harus memiliki isi yang jelas dan pemilihan katanya haris bisa menarik perhatian, objektif, dan tidak menyinggung.
- Foto sajian makanan yang ditampilkan harus menarik.
- Menggunakan bahasa dan kalimat yang mudah dipahami.
- Bersifat persuasif dan mampu membujuk audiens agar mau membeli.
Baca juga:Riset kata kunci di google dan Marketplace [Tokopedia, Lazada ,Shopee ,dan Facebook,Marketplace]
Komentar
Posting Komentar